Senin, 27 Mei 2013

contoh resensi novel (MOGA BUNDA DI SAYANG TUHAN)

MOGA BUNDA  DI SAYANG TUHAN
Identitas buku :
Pengarang           : Tere-liye
Penerbit               : Republika
Tahun                   : 2012
Ukuran buku       : 22x13 cm
Jumlah halaman : 306 halaman
Harga                    : 45.000 


Moga Bunda Disayang Allah

Novel ini mengangkat sebuah cerita asli yang terjadi di Alabama 1880-1968.menceritakan perjuangan seorang anak dengan penyakit yang tiba-tiba datang padanya tanpa sebab yang di ketahuinya ,buta tuli dan bisu,dengan semua keterbatasan yang di milikinya dia tetap berusaha dan tegar,namun semua yang dirasakannya hanya gelap,sagalanya tentang dunia,tuhan hanyalah gelap gulita.rasa ingin tau yang kuat terkurung di dalam dirinya tanpa bisa dia utarakan pada siapapun mebuatnya mudah marah. Membuat kelurganya semakin sedih dengan melihat penderitaan itu.
Ini merupakan cobaan Allah yang merupakan kasih sayangnya kepada hambanya. Dengan segala doa dan ihtiar sang ibu, Allah memberikan jalan keluar dari penderitaan dan cobaan itu melalui seorang pemuda. Cerita novel ini sungguh sangat menggugah hati, dan juga pengarangnya yang sangat kreatif.
Pengarangnya adalah seorang pria yang berumur 33 tahun, lahir pada 21 Mei 1979 yang berasal dari Sumatera Selatan. Nama pengarangnya ini adalah Tere –liye yang merupakan nama penanya, nama aslinya adalah Darwis, anak ke 6 dari 7 bersaudara ini sudah banyak mengeluarkan novel ciptaannya ,sampai tahun 2012 ini sudah 14 buah novel yang di terbitkannya.
Perbedaan tere – liye dengan pengarang novel lainnya dia tidak menampakkan identitasnya yang jelas dan memaparkan foto profilnya pada novelnya seperti novelis lainnya.Dia ingin mempersembahkan karya terbaiknya dengan tulus dan sederhana,ingin menyebarkan pemahaman bahwa hidup ini sederhana melalui tulisan dan novel-novelnya.
Tere – liye telah mengeluarkan 14 buah judul novel,semua isi novelnya mengandung makna akan semua kesederhanaan dalam kehidupan.semua novel yang di buat oleh tere liya dapat sangat bermanfaat dan mengandung amanat yang dapat di pelejari dan di pakai dalam kehidupan.
Judul novel ini “semoga bunda di sayang tuhan”maksudnya adalah seorang ibu yang sangat tegar dalam menghadapi cobaan dan dengan kasih sayang melimpah kepada anak tersayangnya.tebal buku ini 306 halaman,pengarang novel ini banyak mengeluarkan novel dan kebanyakan novelnya bergenre sedih dan juga membawa banyak kebaikan bagi kita yang membacanya,bisa medapat pengetahuan yang luas juga dapat memperbaiki diri kearah yang lebih baik.
Alasan saya memilih novel ini adalah banyak pelajaran yang dapat saya ambil dari novel ini ,tentang keteguhan hati dalam menghadapi  begitu banyak cobaan,rasa syukur kepada allah sang pencipta.Saat membaca novel ini,terdapat perasaan ingin mengetahui bagaimana akhir cerita dan perjuangan gadis kecil itu,sehingga memacu kita untuk terus mengikuti cerita dari awal hingga akhir.
Alur cerita ini merupakan alur campuran yaitu kadang-kadang juga membahas masa lalu,gaya bahasa yang di gunakan sangatlah sederhana,juga banyak terdapat puisi dan kata-kata mutiara.latar tempat pada novel adalah sebuah desa perbukitan yang begitu damai.dalam novel ini sangat banyak manfaat yang bisa kita dapat,juga bisa menjadi pelajaran dalam menghargai setiap kehidupan dan mensyukurinya.

Tokoh dalam cerita ini,salah seorang ibu yang sangat sabar dalam menghadapi cobaan dan segala rintangan,berusaha keras tanpa menyerah demi kesembuhan anaknya.ada juga seorang tokoh pemuda yaitu karang adalah seorang yang berhati baik dan hangat yang sangat sayang pada anak-anak dan juga seorang yang sangat pandai.juga ada tuan Hk yaitu ayah melati,beliau orang yang sangat penyayang dan penuh kesabaran.
















Tentang cerita
Di sebuah desa perbukitan yang indah terdapat sebuah rumah mewah.di sana tinggal seorang gadis kecil yang sangat cantik matanya bagaikan buah leci yang manis,senyumnya sangatlah imut mebuat kita seakan ingin mencubitnya, dan seorang ibu yang sangat sabar dan belimpaah kasih sayang kepada anaknya namun beliau merasa sangat sedih akan anaknya melati  yang tak bisa mengenal dunia dan tuhannya  . dia selalu memikirkan cara agar anaknya dapat mengenal dunia, memanggil para dokter- dokter senior dan dokter – dokter luar negeri namun jawaban mereka hanya satu mengatakan bahwa anaknya gila, sang ibu sungguh sangat tidak terima itu, menyangkal bahwa anaknya tidak gila .semua usaha di lakukan sang ibu agar anaknya dapat sembuh atau setidaknya mengenal dunia,namun sama sekali belum menemukan titik terang.
Pada suatu ketika seorang anak kerabat dekatnya kinasih datang,dia juga seorang dokter yang sangat cantik,dia dulu sering bermain ke rumah sang ibu saat masih kecil.kinasih membawa sedikit kabar mengenai seorang pemuda yang sangat dekat dengan anak – anak, di mata anak-anak dia bagaikan malaikat,dia mapu membuat anak yang lumpuh bisa berjalan.pemuda tersebut bernama karang. mendengar berita itu sang ibu menulis beberapa surat untuk di berikan kepada pemuda tersebut, namun suratnya tak mendapatkan balasan,berulang kali ibu itu mengirim surat, tetap tanpa ada balasan darinya.karena sang ibu tak tenang menanti ,akhirnya beliau mengunjungi pemuda tersebut di kediamannya di balik bukit .
Sesampainya sang ibu di rumah karang,alangkah terkejutnya dia melihat seorang pemuda yang bagai berumur 45 tahun ,dengan rambut panjang dan jambang yang tidak pernah di cukur.beliau hampir tak percaya bahwa itu karang dan mengira dirinya salah tempat ,namun seorang ibu-ibu gendut membenarkan bahwa itu karang sang pemuda malaikat anak–anak  itu.
Sang ibu langsung mebicarakan tentang anaknya tanpa basa basi karena beliau sudah mengira pasti suratnya sudah sampai ke sini namun, entah mangapa karang tidak membalas suratnya.tapi jawaban dari karang tidaklah sesuai harapan sang ibu,karang sangat menolak permintaaan sang ibu untuk menolong anaknya dan memaki–maki sang ibu dengan kata-kata sarkasmenya.hati sang ibu pun sedih,bukan karena kata-kata kasar karang namun karena karang tidak mau membantu anaknya yang malang itu,sang ibu pun menangis di depan karang ,sedangkan karang hanya menatap biasa dan tidak menghiraukan.
Akhirnya sang ibu memutuskan untuk pulang dari rumah pemuda tersebut. Sebelum membalikkan badannya beliau berkata pada karang “kau tau,nama putri kami,melati.umurnya enam tahun. Sungguh  anak-anak yang amat menggemaskan. Wajahnya imut-bundar. Rambutnya ikal mengombak. Giginya…giginya lucu sekali,seperti
 Sebenarnya sang ibu tak tau mau bilang apa , kata-katanya tersedat saat menceritakan anaknya.kemudian beliau melanjutkan langkah kakinya  untuk pulang dengan perasaan sedih.
Sebenarnya karang adalah pemuda yang baik ,saperti apa yang dikatakan oleh kinasih, namun 3 tahun lalu telah terjadi sesuatu yang sangat mengubah hidup karang,karang dulunya memang malaikat bagi para anak-anak ,semua anak-anak dekat dengannya,bahkan karang mendirikan belasan taman baca buat anak-anak ,yaitu tempat untuk anak-anak yang tidak memiliki orang tua  mencari  makna kehidupan sejati dan pengetahuan.kejadian 3 tahun lalu itu sangat membuat karang trauma bahkan juga menghantui di dalam mimpinya hampir setiap hari.
Kejadiannya adalah saat karang bertamasya dengan 30 anak-anak asuhnya dengan sebuah kapal nelayan berkapasitas 40 orang menghadapi badai yang sangat besar di lautan dan mengakibatkan kapal itu tenggelam.karang bersama kakak-kakak pembantu taman bacanya, dan 12 anak asuhnya selamat tapi tidak dengan 18 anak asuh lainnya .mereka meninggal karena kedinginan dan menelan banyak air.salah satunya Qintan,dia yang paling dekat dengan karang ,saat-saat terakhir kematiannya dia berada dalam pelukan karang mengapung di air,karang sangat memohon padanya agar bertahan,tapi allah berkehendak lain dan memanggilnya terlebih dahulu.kepalanya terkulai lemas di pelukan karang,ia sudah p-e-r-g-i…
Karang mendeseis,matanya berputar melihat sekitar penuh sejuta sesal.karang sesak oleh sejuta Tanya.ia ingin berteriak sekuat tenaga namun sudah tak berarti lagi.matanya terasa perih melihat anak-anak asuhnya yang sudah tidak bernyawa lagi mengapung dia atas air,ia merasa sangat sesal atas semuanya ini.
Karang di bawa ke pengadilan,atas tuduhan pembunuhan.namun anak-anak yang selamat membela karang dan mengatakan “kak karang tidak bersalah !! “dan akhirnya karang di bebaskan dan  terbukti tidak bersalah namun apa gunanya ,hati karang sudah sangat terluka dengan kehilangan anak-anak asuhnya.karang tetap menyalahkan dirinya sendiri atas kejadian itu.
Karena kejadian itulah karang berubah total.dia meninggalkan taman-taman baca yang di dirikannya dan pulang ke kampung halamannya di balik bukit.karang meinggalkan semuanya tanpa pesan sama seperti badai yang berlalu ,hilang entah kemana tanpa jejak.
Pada suatu malam,seperti biasa karang keluar malam untuk minum namun kali ini ada yang berbeda,bar yang biasa di datanginya kehabisan stok minuman yang disukai karang,terpaksa dia pergi ke bar yang lain.di pertengahan jalan karang bertemu dengan dua orang tua renta peminta-minta dikerubungi oleh anak jalanan yang akan memeras mereka,tapi mereka berusaha bertahan dan melawan,malah salah satu dari tua renta itu jatuh kedalam parit,karang berusaha menolong salah satu dari mereka,namun tua renta itu menolak dan meghardik karang dengan sombongnya,baru kali ini ada yang bersikap begitu pada karang.karang malah semakin marah dan pergi.lalu salah seorang tua renta tersebut mendengus dan memarahi karang yang menghalangi jalannya.tua renta itu membantu temannya yang jatuh tadi.alahkah terkejutnya karang mengetahui ternyata tua renta itu buta dan yang satu lagi juga ternyata tuli.mereka saling membantu sama lain.mereka salig membutuhkan satu sama lainnya.
Dalam sekejap kesadaran karang kembali.sekejap semua perasaan itu di pulihkan,perasaan yang pernah di rasakannya .kerinduan,rasa iri ,kesepian dan kerinduan akan kehangatan dan ksaih sayang,perasaan seorang anak tanpa pernah mengenal kasih sayang itu tiba-tiba di rasakan oleh karang.karang memang sangat mengerti anak-anak melabihi siapa pun,itu bagaikan anugerah baginya,dan dia memang di takdirkan untuk menolong anak-anak .namun bayangan kejadian itu masih di rasakannyadan terus-terus menghampirinya,kepedihan melihat kepergian anak-anak asuhnya di depan matanya sendiri.dalam keadaan pening ,karang memutuskan untuk pulang.
sekarang keputusan karang sudah bulat,dia akan membantu melati sekuat tenaga.esok hari ia akan pergi kerumah itu dan memberitahukan niat baiknya itu kepada sang ibu itu.esok harinya karang pergi ke kediaman sang ibu.kedatangan karang membuat sang ibu  kaget sekaligus senang.karang di persilahkan masuk,karang menatap dalam – dalam kepada seorang gadis kecil yang sedang makan di atas meja dan membuat keributan dengan teriakannya .karang terus memperhatikan melati dan membuat sang ibu dan suaminya heran.suami sang ibu, tuan Hk bertanya kepada karang,kanapa dia menatap anaknya seperti itu,namun karang menjawab seperti biasa dengan gaya sarkismenya,membuat tuan Hk sedikit kesal.Dengan sifatnya yang seperti itu, karang kurang di terima oleh tuan Hk,tapi karena istrinya sangat percaya pada karang,akhirnya beliau menyutujuinya.
Pada hari itu pula karang mengajukan beberapa syarat yaitu,setiap apapun yang di lakukannya tak ada yang boleh melarangnya,dan tidak ada yang boleh mengganggunya saat dia di dalam kamar.tuan Hk, istrinya dan juga penghuni rumah itu terpaksa menyetujui itu semua demi  melati.tuan Hk sedikit tidak percaya terhadap karang,namun semua itu dia urungkan untuk kemajun melati bahkan juga salamah pembatu di rumah itu juga sangat membenci karang,karena sikapnya yang seperti tidak sopan terhadap tuan dan nyonya Hk.
Keesokan harinya,karang memulai pembelajaran dengan melati,pagi itu yang terasa hening,tiba menjadi gemuruh dengan suara teriakan melati yang meronta,karang dengan kasar mendidik melati dan juga memarahinya,tuan Hk dan istrinya hanya bisa terdiam melihat Karena sesuai perjanjian untuk tidak ikut campur dan melarang semua yang di lakukan oleh karang.
Pada hari pertama karang mengajarkan melati untuk makan dengan sendok,selama ini melati makan dengan sesuka hatinya  menggunakan tangan dan membuang – buang semua makanannya.karang mengajarkan melati dengan keras ,bahkan sampai membentak melati,namun melati melawan dengan teriakan .mendengar karang membentak melati tuan Hk sangat marah dan hampir saja memarahi karang.
Karang tetap melakukan tugasnya tanpa peduli perasaan kelurga itu terhadapnya.karang mebuat peraturan lagi untuk melati.Peraturan yang karang buat,jika melati masih membuang-buang makanan dan makan tidak menggunakan sendok maka melati tidak boleh makan dan yang lain tidak boleh ada yang membantunya.pembelajaran karang yang pertama ini tentang penanaman kebiasaan pada melati.membutuhkan proses yang lama.membuat karang sedikit bimbang akan pelajaran ini.
Karang sering mengurung diri di kamar dan minum minuman keras sambil memikirkan cara agar melati berkembang.jika itu di ketahui oleh tuan Hk bahwa ada orang yang minum-minuman keras di rumahnya maka karang tidak segan-segan pasti akan di usir.karena tuan Hk paling tidak suka dengan pemabuk.
Tuan Hk adalah seorang atasan di sebuah perusahan swasta yang sangat terkenal di desa perbukitan itu,jadi beliau sangat lah sibuk,dan jarang berada di rumah.oleh karena itu Salamah di tugaskan oleh tuan Hk untuk melapor semua tindakan yang di lakukan karang kepadanya,karena beliau pergi sangat sibuk tapi juga beliau ingin mengetahui keadaan rumah saat beliau tidak ada.
Suatu hari salamah membersihkan kamar karang ,alangkah terkejutnya salamah melihat sebuah botol minuman keras tergeletak di atas kasur,ini menjadi alasan yang sangat bagus untuk mengusir karang dari rumah ini.dengan sangat terburu-buru salamah segera menelepon tuan Hk.mendengar laporan salamah tuan Hk pun marah besar.
Kemudian beliau pulang ke rumah, langsung  memarahi karang dan mengusir karang keluar,namun bunda menahannya demi memikirkan melati.tuan Hk tidak mendengarkan.sebenarnya pada hari itu tuan Hk mempunyai tugas dinas ke luar kota.namun di undurnya  sebentar khusus untuk memarahi karang dan mengusirnya.tapi karang tetap tidak mau pergi.akhirnya tuan hk terpaksa pergi karena tidak punya waktu lagi dan menyerahkan urusan ini ke bunda,dan tuan Hk berpesan pada bunda,jika kali ini bunda tidak mengusirnya beliau akan sangat marah.Akhirnya bunda pun menyerah dan akan melaksanakan perintah suaminya itu.
Namum karang tetap menolak untuk pergi walaupun tau bahwa tuan hk akan sangat marah,karang menolak karena dia sudah sangat kasian kepada melati,dia tak ingin melihat melati menderita lebih dari ini.Bunda sangat mengerti semua itu,dia juga sangat ingin melati bisa mngenal dunia.akhirnya bunda pun setuju dan memberikan karang beberapa syarat bahwa waktunya hanya sampai tuan hk pulang,dan menyuruh agar karang segera pergi sebelum tuan hk pulang,karangpun menyetujuinya.
Seminggu berlalu,melati tidak menunjukkan kemajuan.karang mengurung diri di kamar sambil memikirkan cara agar bisa menanamkan kebiasaan pada melati.namun karang tidak menemukan titik terang.
Pagi pun datang.Pagi itu melati mengalami demam tinggi,itu karena dia kekurangan makan.karang menjenguk melati kekamarnya,dan membuat karang terkejut ketika meihat melati makan menggunakan sendok. Sup kuah di depannya pelan-pelan melati memakannya dengan sendok ,tangannya yang mungil itu memegang sendok dengan gemetar dan memakan supnya pelan-pelan.sang ibu sangatlah senang.tapi karang hanya bermuka biasa karena dia tau ini bukanlah kemajuan yang besar.ini bisa di lakukan oleh anak 3 tahun lainnya.
Hari berikutnya ,karang membiasakan melati untuk duduk di kursi,seperti biasa melati menolaknya.dia tidak suka di suruh-suruh dan di paksa.melati kembali berteriak dan berlari dengan tangan di depan yang meraba-raba udara .karang tetap terus memaksanya.ini juga membutuhkan proses yang lama.
Semua usaha yang di lakukan karang terasa sia-sia, hanya menghasilkan kemajuan rendah.karang masih memikirkan cara,apa yang menjadi penghubung komunikasi melati .karang terus menerus mencari tau dan membaca banyak buku,namun belum juga mendapat jawaban yang pasti .
Beberapa hari kemudian  karang berhasil membiasakan melati untuk duduk di kursi.dan bunda terlihat senang lagi dengan perkembangan kecil ini.sekarang melati sudah bisa makan memakai sendok dan duduk di kursi.
Setelah itu karang kembali mengurung diri di kamar dan memikirkan apa yang akan di ajarkan pada melati selanjutya dan bagaimana caranya.
Keesokan harinya karang membuat peraturan baru,untuk mengosongkan lantai dua dari semua barang,karang akan membiasakan melati untuk tidak melempar-lempar barang lagi dan mengetahui bentuk barang dan juga fungsi barang tersebut.semua barang telah di pindahkan ke lantai satu.karang mulai mengajarkan melati untuk memegang suatu barang,karang memberikan melati sebuah celengan ayam terbuat dari kaca,lalu melati dengan gesit melamparnya.karang sangat marah dan memukul tangan melati.namun melati hanya nyengir sesukanya dan berteriak senang .karang terlihat sangat kesal,kemudian karang terus menenerus memberikan melati barang untuk di pegang,namun tetap saja dia melemparnya. karang kehabisan akal.belum pernah dia seantusias sekaligus sebal  seperti ini dalam mengajarkan anak-anak.namun dia tidak putus asa.
Malam itu pun karang kembali berpikir,bagaimana cara mengajarkan melati.karang keluar dari kamarnya dan menuju ke kamar melati,dia sedang tertidur pulas.karang memandang melati sambil tersenyum.tiba-tiba karang teringat dengan qintan,lalu dia duduk di samping melati dan bercerita tentang qintan.saat karang sedang bercerita tanpa sengaja ibu HK lewat dan mendengar cerita karang,kemudian beliau masuk dan menanyai karang soal cerita itu,tapi karang sedikit enggan menceritakannya,karang kemudian berfikir,bila suatu masalah selalu di pendam maka masalah itu tak akan pernah hilang dan menyakiti hati.karangpun memutuskan untuk menceritakannya kepada ibu Hk.
Kini ibu Hk sudah tau apa yang menjadi masalah sehingga karang jadi seperti itu,dia menjadi anak yang kurang sopan.namun selama karang di rumah itu dan mengajar melati,banyak perubahan yang terjadi pada karang,sikap sarkismenya juga sudah berkurang,dan juga sikap sinisnya terhadap dunia.Setelah mendengar cerita karang,bunda juga mencerikan tentang dirinya dan tuanHk.karang mencoba mendengarnya dengan seksama.
Beberapa hari lagi tuan hk akan pulang, waktu yang di miliki karang tidak cukup.melati belum menunjukkan kemajuan yang pesat.otomatis tuan hk akan sangat marah ketika pulang masih melihat karang di rumahnya dan dengan tidak adanya kemajuan yang berarti unutk melati.tapi karang tetap berusaha dengan waktu yang tersisa tanpa menyerah.esok hari adalah hari terakhirnya.
Pagi itu karang sarapan bersama melati dan bunda di meja makan.hari ini hari terakhir karang di sini,terus terang karang sangat kecewa.namun beberapa menit kemudian terdengar suara pintu terbuka.
ternyata itu tuan hk yang pulang lebih dulu untuk membuat kejutan.bukannya membuat kejutan malah dirinya yang terkejut dengan keberadaan karang di rumahnya yang membuat dirinya marah besar.
Pagi itu kemarahan tuan hk bagaikan perang yang sangat besar sedang terjadi di rumah itu.bunda langsung menahan tuan hk yang ingin memukul karang,bunda mencoba menjelaskan perkembangan melati tapi tuan hk tidak menghiraukan.
Saat tuan hk sedang memarahi karang tiba-tiba melati hilang dari meja makan dan keluar .di luar sedang keadaan hujan rintik-rintik.bunda yang kemudian tersadar dan langsung mencari melati dengan keadaan panik keseluruh ruangan dan melanjutkan menuju ke luar karena tidak menemukan melati di dalam rumah.
Kaki melati yang mungil itu menginjak rerumputan.telapak kakinya merasakan basah,dan dingin.perasaan aneh apa yang di rasakannya,membuat melati bingung dan juga senang.perasaan hatinya tenang dan bercahaya,gelap gulita itu hilang dalam sekejap.karang yang menyusul keluar tercengang melihat melati sambil meneteskan air mata.”akhirnya… melati dapat merasakannya“ kata karang sambil terputus-putus.bunda yang mendengar merasa bingung.kenapa karang menangis lega seperti itu,apa yang terjadi pada melati.karang melangkah mendekati melati yang sedang tersenyum sambil menjulur-julurkan tangannya.
Saat itulah keajaiban tuhan datang,melati dapat merasakan cahaya.saat melati menjulurkan tangannya,ketika air membasuh tangannya gelap itu seakan-akan di gantikan oleh tarian sejuta aurora,melati sempurna meraskan cahaya yang seindah pelangi itu.ia bisa melihatnya dan dapat merasakannya.
Begitu menggetarkan melihat ekspresi gadis itu yang tertawa senang.mata karang yang basah,sedikit demi sedikit mendekati melati,dia menjadi saksi utuh atas keajaiban ini.karena ia sempurna bisa merasa,berpikir,melihat dan mendengar separti apa yang dirasakan melati sekarang .
Karang kemudian merengkuh tangan melati dengan bergetar dan menuliskan huruf perhuruf di telapak tangan melati ”air”.melati pun tersenyum.kemampuan itu akhirnya tiba juga.seluruh permukaan telapak tangan melati bak merekah oleh simpul saraf yang berjuta kali lebih sensitif.ada mata di situ telingan dan juga  mulut.
Siang itu di habiskan keluarga ini bagaikan kebahagian yang tak pernah di rasakan lagi,semua rasa sedih itu musnah sudah,hanya perasaan bahagia dan lega yang dirasakan hati.melati setelah tau ia bisa mengenali benda-benda melaui tangannya menghabiskan siang dengan berbagai pertanyaan yang tak dapat di tanyakannya yang telah menumpuk ,mengerung tiada henti dan terus tertawa riang.karangpun ikut merasakan perasaan senang melati dan juga terus tersenyum saat menjawab semua pertanyaaan melati .kesabaran hati dan keteguhan hati sang bunda dan juga karang sampai akhir, hingga allah memberikan keajaiban kepada melati dan keluarga itu.


Penilaian buku :
Kelebihan buku:
·         Novel ini memiliki makna yang sangat berharga setelah kita membacanya.
·         memiliki banyak pelajaran yang dapat diambil dan digunakan dalam kehidupan.
·         kata-kata yang digunakan juga sopan dan juga membuat pembaca dapat menghayati cerita seakan-akan ikut menyaksikan kejadian itu.

Kekurangan buku :
·         Sedikit mengunakan kata-kata yang kurang bisa di pahami.
·         Kata-kata mutiara yang di pakai sedikit mempersulit pembaca dan membuat bosan karena terlalu banyak.

Penilain saya :
Buku ini sangatlah bagus,setelah membaca novel ini kita dapat menyimpulkan banyak sekali kebaikan yang terkandung dan menyadarkan kita akan pentingnya kita bersyukur atas semua pemberian allah kepada makhluknya,banyak yang kurang beruntung dari pada kita.seharusnya kita sangatlah bersyukur dengan kehidupan sudah kita punya.













0 komentar:

Poskan Komentar